Kenikir : Sayuran Berkhasiat

Saturday, March 24, 2012


Kenikir atau ulam raja merupakan tanaman tropis yang berasal dari Amerika Latin, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Kenikir adalah anggota dari Asteraceae. Kenikir yang kelopak bunganya berwarna kuning jarang digunakannya sebagai ulam atau lalapan, sedangkan yang berwarna ungu merupakan sayuran ulam/lalapan yang sangat populer dimakan mentah bersama nasi atau dicacah dengan budu, sambal terasi, tempoyak, atau cincalok.
Berdasarkan kajian gizinya, kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A.
Kenikir juga mengandung senyawa saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Kenikir juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga. Sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi.


referensi: wikipedia.com
 
Copyright © 2016. syamsularies.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License