Tentang PHP: Hypertext Prepocessor

Tuesday, April 19, 2011

PHP merupakan server side scripting language (bahasa pemrograman web yang dijalankan di server tetapi layanannya bisa diakses melalui halaman web user/klien). PHP singkatan dari PHP: Hypertext Prepocessor. Sebenarnya PHP singkatan dari Personal Home Page Tools, tetapi berdasarkan nama yang diseleksi komunitas PHP dipilihlah arti dari akronim PHP yang baru. Memang agak terdengar aneh, tetapi seperti GNU (GNU is Not Unix) PHP juga menggunakan akronim di dalam akronim (recursive acronym). Saat ini PHP sudah berkembang sampai pada PHP5 (tetapi bisa disebut PHP saja).

PHP adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk Web. Di dalam halaman HTML Anda bisa memasukkan kode PHP, yang akan dieksekusi saat halaman tersebut dikunjungi. Nah, kode PHP diolah di server, karena itu client/pengunjung web tidak akan bisa melihat kode PHP yang digunakan. PHP mulai dikembangkan pada tahun 1994 dan merupkan hasil kerja dari satu orang, Rasmus Lerdorf. Kemudian bahasa tersebut beberapa kali ditulis ulang dan akhirnya menjadi bahasa yang sudah “dewasa”, seperti yang ada saat ini.

PHP termasuk bahasa pemrograman yang open source. Jadi Anda dapat dengan bebas menggunakannya, membuat perubahan terhadap bahasa tersebut, dan menyebarkannya tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Copyright © 2016. syamsularies.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License