CAPTCHA : Alowing Only Human Users

Monday, March 7, 2011


History
Captcha adalah akronim dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Captcha merupakan contoh sederhana dari Turing Test, test yang dgunakan untuk membedakan manusia dan komputer. Test tersebut pertamakali diformulasikan pada tahun 1950 oleh Alan Turing, seorang ahli matematika dari Inggris. Waktu itu belum ada bots, tetapi seiring dengan berkembangnya AI (Artificial Iintelligence) terciptanya program yang mampu bertindak seperti manusia tinggal menunggu waktu saja. Ide dari Turing Test adalah dengan melakukan semacam interogasi terhadap manusia dan mesin untuk mendapatkan responnya, yang kemudian akan dibandingkan. Jika test yang dilakuakn tidak bisa membedakan manusia dan komputer maka komputer sukses melakukan tindakan yang menyerupai manusia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Turing Test, silahkan kunjungi link berikut ini: http://www.turing.org.uk/turing/index.html

Background
Captcha merupakan test keamanan yang digunakan untuk membedakan pengguna web apakah manusia dan bukan komputer/program komputer. Program tersebut biasa disebut dengan bots, robot, atau spa-bot. Bots akan berusaha melakukan tindakan yang mengatasnamakan manusia yang sebenarnya. Biasanya bots akan melakukan posting SPAM ke dalam forum atau blog dalam jumlah yang sangat banyak. Tentunya ini akan sangat merepotkan admin web dan membuat pengunjung web (manusia) merasa terganggu. Untuk itulah Captcha dibuat, Captcha melakukan test dengan soal-soal yang sederhana untuk dijawab oleh manusia, namun bagi komputer/robot sukar untuk diselesaikan.

Kind of Captchas

Text Image Captchas
Text Image Captchas adalah captcha yang berupa gambar, gambar tersebut berisi huruf-huruf acak atau bisa juga membentuk suatu kata. Huruf tersebut dibuat dengan beberapa distorsi, bisa berupa garis vertikal/horisontal, titik-titik, huruf miring, jenis font tertentu, dll. Tujuan dari distorsi yang dibuat adalah supaya captcha sulit bahkan tidak mungkin untuk dibaca/dikenali oleh program komputer tetapi masih bisa dibaca oleh manusia. Cara kerja dari Text Image Captcha adalah user membaca huruf atau kata yang tampil (berupa gambar/image), kemudian memasukkan apa yang dibaca pada text box yang telah disediakan. Setelah user mengklik OK atau Submit, akan dilakukan proses pengecekkan apakah jawaban user benar atau salah. Apabila salah maka user harus memasukkan jawaban lagi.
Berikut ini adalah contoh dari Text Image Captcha.
Text Image Captcha sederhana tanpa distorsi apapun. Text Image Captcha sederhana ini masih bisa ditembus oleh robot karena tidak memiliki distorsi, meskipun berbentuk image tetapi software masih bisa membacanya.

Text Image Captcha ini memiliki distorsi berupa garis abu-abu. Captcha ini mudah dikenali oleh manusia dan sulit untuk dibaca oleh software komputer. Akan tetapi software yang memiliki algoritma pengenalan huruf yang bagus masih mungkin untuk membaca image tersebut, meskipun membutuhkan waktu yang lama.

Captcha yang satu ini disebut dengan EZ-Gimpy Captchas. Captcha ini berupa image yang di dalamnya terdapat 5 pasang kata (10 kata) yang setiap pasangnya saling berhimpit. Tugas dari user adalah memasukkan 3 kata yang benar.
Di dalam Text Image Captcha, semakin banyak distorsi maka komputer atau software semakin sulit mengenalinya, tetapi tentu saja bagi manusia juga akan lebih sulit untuk mengenali karakter yang ditampilkan.

Audio Captchas
Text Image Captchas memang merupakan jenis captcha yang paling banyak digunakan. Tetapi bagaimana dengan pengguna internet yang notebene (maaf) merupakan orang yang berkebutuhan khusus pada penglihatan? Tentu saja mereka akan kesulitan untuk mengenali Text Image Captchas. Untuk itulah dikembangkan juga Audio Captchas. Cara kerja Audio Captchas adalah user akan mendengarkan suara yang akan menyuarakan huruf atau angka tertentu, yang bisa merupakan karakter acak atau membentuk suatu kata. Setelah itu user harus memasukkan karakter yang di dengar pada text box yang telah disediakan. Biasanya Audio Captchas disediakan sebagai pelengkap Text Image Captcha. Jika Anda ingin mencoba Audio Captchas silahkan membuka url: https://na.edit.yahoo.com/registration?.pd=ym_ver%253D0%2526c%253D%2526ivt%253D%2526sg%253D&intl=us&origIntl=&done=http://mail.yahoo.com&src=ym&last=&partner=yahoo_default&domain=&yahooid=

Cognitive Captchas
Yang terakhir adalah Cognitive Captchas. Captcha ini akan menampilkan suatu pertanyaan misal menebak suatu gambar, pertanyaan matematika, dll; yang intinya memaksa user untuk berfikir secara kognisi. Mungkin akan lebih mudah dipahami dengan melihat contoh di bawah ini.

Captcha tersebut merupakan Cognitive Captchas sederhana.

Cognitive Captcha bisa juga berupa pertanyaan matematika.
Yang perlu diperhatikan dalam merancang Cognitive Captcha adalah apakah user bisa dengan mudah menebak jawabannya? Jangan sampai kita membuat Captcha yang user tidak bisa menemukan jawabannya.

Source : 
Pro PHP Security, Apress, 2005
 
Copyright © 2016. syamsularies.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License