Keamanan Komputer : Fundamental

Sunday, January 2, 2011

Saat ini masih banyak orang, terutama masyarakat awam yang kurang menaruh perhatian terhadap keamanan computer. Padahal keamanan komputer terutama keamanan data/informasi. Dimananpun kita berada, di lingkungan perusahaan, rumah, atau tempat umum; kita harus mampu menjaga informasi yang sifatnya rahasia. Karena apabila sampai diketahui orang lain, kita bisa dirugikan, entah itu secara financial maupun mental. Contoh yang sudah terjadi di Indonesia adalah kasus terkenal yang menimpa Ariel Peterpan. Karena kurang menaruh perhatian pada data-data yang sifatnya pribadi, data tersebut bisa dicopy oleh temannya lalu disebarluaskan. Hal tersebut mengakibatkan kerugian secara finansial, mental, dan waktu. Kerugian yang dialami pun tidak hanya menimpa dirinya, tetapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya.
Di dalam perusahaan aturan memegang peranan penting dalam mengamankan data/informasi. Untuk memiliki perusahaan yang aman, aturan yang harus benar-benar jelas, pasti, dan ada. Sistem dan tempat kerja harus aman, selain itu para pekerja juga harus mengerti resiko serta factor-faktor yang bisa menyebabkan bocornya informasi ketika mereka menggunakan computer, misalnya: menggunakan computer perusahaan untuk kebutuhan pribadi, mengakses internet ketika sedang bekerja, bekerja secara remote, menggunakan aplikasi, bekerja dengan data perusahaan, dll.
Tetapi disamping aturan, Anda adalah orang yang memegang peranan paling penting. Sebagai pengguna computer, Anda berada di garis depan dalam pertempuran untuk menyimpan data perusahaan maupun data pribadi tetap aman.
Anda juga perlu melihat dan mengevaluasi hal-hal yang bisa menyebabkan bocornya informasi. Karena, sebuah titik rawan saja bisa berakibat fatal.
Ketika anda bekerja dengan data perusahaan, anda mengakibatkan adanya potensi bocornya informasi bagi perusahaan. Berhati-hatilah terhadap setiap tindakan anda karena anda memiliki tanggung jawab untuk menjaga data perusahaan tetap aman.

Kemanan komputer berdasarkan tiga hal berikut :
  1. Confidentiality : pencegahan terhadap menyebarnya informasi yang sifatnya penting dan tidak boleh diakses oleh pihak yang tidak berwenang.
  2. Integrity : kelengkapan dan keamanan informasi.
  3. Availability : akses yang diberikan system atau informasi kepada pengguna yang memiliki wewenang.

Source :
 Computer Security: 20 Things Every Employee Should Know, McGraw-Hill 2004
 
Copyright © 2016. syamsularies.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License