I Always Wanted To Be An Architect

Friday, January 28, 2011


Abstract
Sejak actionscript 3.0 diperkenalkan, muncul ketertarikan tentang arsitektur dan design pattern. Design pattern adalah blueprint atau template atau pola yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Jadi design pattern berarti arsitektur yang bisa digunakan kembali (reusable) ketika membangun suatu aplikasi. Design pattern bisa juga merupakan bagian utama dalam mengembangkan suatu aplikasi. Untuk mempelajari design pattern, kita terlebih dahulu harus memahami konsep object oriented programming (OOP).

OOP and Design Pattern: Konsep

Object oriented programming atau pemrograman berorientasi objek adalah model pengembangan software yang bedasarkan pada komponen-komponen yang saling berinteraksi secara logis (= class).
Class harus diintansiasi terlebih dahulu, dibuat objeknya terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Inisiasi awal suatu obyek adalah null. Class sendiri merupakan suatu template yang digunakan sebagai pola desain untuk membentuk objek. Misal: Class adlah rancangan mobil, maka objek adalah mobil nyata. Setiap objek yang dibuat dari class bisa memiliki sifat yang berbeda ataupun sama dengan yang terdapat pada class; inheritance atau polimorfisme yang akan dijelaskan pada topik selanjutnya. Di dalam pemrograman game, setiap karakter di dalam game akan berupa object, begitu juga elemen-elemen lain dalam geme tersebut. Setiap objek memiliki command yang digunakan untuk menerima dan mengirim pesan dari semua objek lain yang berkaitan. Dengan memiliki setiap objek yang memiliki fungsi dan sifat (behavior) tersendiri maka programing akan menjadi lebih fleksibel dan modular. Dalam menerapkan OOP diperlukan perencanaan desain yang baik, untuk itulah desaign pattern dikembangkan; dengan menggunakan design pattern perencanaan aplikasi akan menjadi lebih mudah karena sudah disediakan template yang siap dipakai. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua design pattern bisa diaplikasikan pada semua kasus. Setiap design pattern hanya cocok untuk kasus-kasus tertentu. Dalam mengembangkan game design pattern yang baku tidak selalu digunakan tapi itu bukan masalah, karena membuat game berarti membuat sesuatu yang menarik bukan sesuatu yang sifatnya kaku. Tetapi sangat penting untuk tetap mengikuti prinsip dasar ketika menggunakan OOP sehingga code yang kamu buat menjadi modular dan scalable.

to be continued....

Source :
 Real World Flash Game Development: How to Follow Best Practice and Keep your Sanity
 
Copyright © 2016. syamsularies.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License