File Sharing (Upload, Download, and Share)

Friday, January 7, 2011

Seringkali mobilitas yang tinggi atau tuntutan pekerjaan, membuat kita mesti membawa berbagai file penting kemana-mana. Kadang kita juga perlu untuk mengirim file melalui internet. Biasanya saya mengirim file dengan attachment e-mail. Tapi bagaimana jika ukuran file nya besar? Sebagai catatan ukuran file maksimal yang bisa dikirim melalui e-mail hanya 25 Mb. Solusinya, untuk mengirim file dengan ukuran besar kita bisa memanfaatkan layanan penyimpanan file online. Dengan layanan penyimpanan file online kita bisa download, upload, dan berbagi file dengan mudah. Saat ini banyak sekali penyedia layanan yang gratis. Dengan menggunakan layanan tersebut kita bisa menyimpan file secara online dengan kapasitas total yang bervariasi, tergantung pada penyedia layanan. Biasanya kapasitasnya berada pada kisaran 100 Mb sampai unlimited. Menarik bukan?
Selain itu, menyimpan file secara online mampu memberikan beberapa keuntungan lainnya, yaitu:
  1. Bisa digunakan untuk back-up file.
  2. Untuk mendistribusikan file yang diinginkan melalui link download yang bisa ditampilkan di web, blog, jaringan social, dll.
  3. Memudahkan kita jika ingin mengakses file dimanapun kita berada, asal ada koneksi internet.

Jangan khawatir, kalau yang Anda inginkan adalah layanan yang gratis tapi mumpuni. Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan file sharing atau penimpanan file online yang saya rekomendasikan:
  1. Mediafire.com
    Mediafire menyediakan kapasitas penyimpanan yang unlimited untuk free account, selama kita log in minimal 1 kali per bulan. Selain itu akan akan e-mail notifikasi apabila file akan di hapus.
  2. Ziddu.com
    Ziddu menyediakan fitur yang unik bagi penggunanya. Pengguna Ziddu bisa mendapatkan uang receh apabila ada file yang didownload. Lumayan $0,0001 per download. Pengguna akan menerima komisi setelah uang receh yang dikumpulkan mencapai $10. Kapasitas uploadnya sendiri unlimited, tetapi file akan dihapus tanpa pemberitahuan jika tidak diakses (didownload) selama 90 hari.
  3. 4shared.com
    4shared memiliki user interface yang mudah untuk digunakan. Layanan ini menyediakan kapasitas penyimpanan 10 Gb untuk free account. Selain itu file yang di upload akan dihapus jika tidak diakses minimal sekali dalam 1 bulan.

Sebenarnya masih banyak penyedia layanan sejenis yang beredar di internet. Berikut ini daftar yang berhasil saya kumpulkan. Untuk info dan fiturnya silahkan dicoba sendiri yaaa.. :p
  1. www.diino.com
  2. www.divshare.com
  3.  www.snapdrive.net
  4. www.hotfile.com
  5. www.filefactory.com
  6. www.rapidshare.com
  7. Dan masih bayak lagi… silahkan googling. :p



 
Copyright © 2016. syamsularies.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License